Rabu, 13 Juli 2011

Tanda Baca (Bagian Keenam)

"SPASI"

Ada sesuatu hal yang tak bisa kita lihat. tapi mampu kita rasakan. karena ia membuat jarak. kadang dapat menjadi semakin dekat. kadang juga semakin jauh. ia hanya bisa kita rasakan. seperti sebuah kepercayaan. dan kepercayaan itu ternyata tak bisa hanya dikatakan. ia hanya bisa kita lakukan. kita jalankan. seperti kita menaruh kepercayaan kepada orang lain. layaknya spasi. 

Jika semua hal yang indah itu mampu kita lihat, alangkah tidak menyenangkan hidup ini. ada hal-hal yang merupakanb keindahan, tapi hanya mampu kita rasakan. tak akan dapat kita lihat dengan mata terbuka. hanya dengan mata yang tertutup. lalu kita rasakan...betapa nikmatnya kebahagiaan itu. betapa indahnya kepercayaan itu. kepercayaan yang membuat jarak semakin dekat. kepercayaan yang merupakan tingkatan tertinggi dalam sebuah "hubungan". apapun itu bentuknya.

dan sekarang, mungkin yang engkau rasakan adalah kekosongan. tak terlihat. tapi begitu menjaga. tapi begitu terasa. seperti spasi.

spasi ini adalah kepercayaan yang tak pernah terucap, tak pernah sekalipun menatap. tapi kita sama-sama tau, bahwa kepercayaan itu ada di antara ribuan jarak. di antara jejak-jejak. 


dan bisakah spasi ini selalu ada? karena ia-lah yang sebenarnya mengurai makna. Jika tak ada spasi, bagaimana bisa kuartikan beribu makna? bagaimana bisa rindu itu bermuara. maka cukuplah tandai ribuan suara dengan spasi-spasi cinta...


_Khalifa Rafa Azzahra_

Tidak ada komentar:

Posting Komentar