Minggu, 09 Oktober 2011

---tentang seseorang---

kan kuceritakan tentang seseorang. seseorang yang dekat dalam hidupku. ia seorang perempuan. perempuan yang punya semangat tinggi untuk membahagiakan orang di sekitarnya. perempuan yang tidak mudah menyerah. perempuan yang supel, rajin, dan suka menolong sesama.

ia berasal dari keluarga yang sangat bahagia. baginya keluarga adalah segalanya. ada umi yang selalu siap di saat ia ingin curhat, ada abi yang senantiasa mendampingi di saat ia membutuhkan. umi, abi, dan adik-adiknya. ia tinggal di sebuah kota kecil di jawa tengah. dulu, ia merupakan orang yang sedikit pendiam. hanya orang-orang tertentu yang benar-benar mengenal sifatnya. sifat yang sedikit sensitif_perasa_peka, dan pemikir. mungkin itu salah satu kelemahannya, ia suka memikirkan apa yang dikatakan orang terhadapnya. sampai-sampai ia tak punya cukup waktu untuk bercerita selain pada selembar kertas. ia rajin bicara dengan selembar kertas. jangan berpikir ia gila, tidak. ia tidak gila. ia hanya sedikit ingin berbagi, tapi tidak ingin dikhianati. jadilah buku adalah sahabat terbaik yang pernah ada dalam hidupnya.

kehidupannya di rumah berlangsung seperti orang-orang kebanyakan. waktu sekolah, yang ia lakukan adalah belajar, kadang bermain bersama teman. tapi ia bukan pribadi yang senang keluar dan bermain bersama teman. hanya sesekali saja, ketika itu memang diperlukan. baginya bermain itu kurang begitu menguntungkan. jadi, ia banyak menghabiskan waktunya untuk belajar.


bicara tentang prestasi. sewaktu SD cawu 1 ia mendapat rangking 14. fantastis bukan? setelah itu, rangkingnya hanya berpindah dari rangking 3 ke 2 atau 2 ke 3. sampai dia kelas 6. entahlah, juara 1 sangat sulit didapatkannya. memang manusia tidak ada yang sempurna bukan? yang penting dia sudah berusaha semaksimal mungkin untuk mendapatkan yang terbaik.

waktu SMP, ia lalui dengan banyak pengorbanan dan perjuangan. ia harus latihan untuk pulang pergi naik bis. berangkat sekolah jam 6 kurang, adalah waktu yang sangat biasa baginya. SMP baginya kurang begitu berkesan. ia sosok yang pendiam, mungkin karena masa itu baginya merupakan masa pencarian jati diri yang sebenarnya.

ngomong-ngomong masalah keuangan, dari SD ia sudah terbiasa untuk mengelola uangnya sendiri. karena dari SD ia sudah diberikan uang bulanan, jadi bukan uang harian. dan yang perlu kalian tau, ia tidak pernah meminta lebih kepada orang tuanya. ia dikenal sebagai pribadi yang nerima, qanaah atas segala sesuatu yang sudah orang lain berikan kepadanya. tidak banyak protes. mungkin juga karena ia adalah anak yang pertama.


dari SMP ia mulai menulis. menulis dimana saja, di buku catatan, di buku harian, di manapun itu.

ia juga pernah minder, merasa tidak percaya diri atas dirinya sendiri. mungkin karena begitu banyak kelemahan yang ia punya. terlebih tentang fisiknya. entah kenapa ia sering minder, merasa kurang pede, dan bahkan cenderung untuk memendam masalahnya sendiri.

waktu SMA ia mulai bangkit, memperbaiki kesalahan waktu SMP. sifatnya yang buruk banyak yang berubah. ia mulai supel. punya banyak teman, dan yaaah...ada cerita yang indah waktu SMA dengan temannya. biasa, cerita tentang persahabatan. ia mempunyai sahabat SMA yang banyak.

baginya waktu adalah selintasan kesempatan yang dapat dilakukan. baginya kunci sukses adalah pertemuan antara kesempatan dan kesiapan. karena itulah ia lebih banyak bermuhasabah selepas ia lulus SMA.
waktu kuliah adalah waktu yang sangat berbeda. ia dituntut untuk lebih banyak mandiri. ia dilepas oleh orang tuanya. nun jauh disana, jauh dari kampung halaman. hanya satu inginnya, ia ingin membuktikan ke orang tuanya bawa ia mampu untuk sukses. ia meyakinkan dirinya sendiri bahwa hidup tak bisa bergantung pada orang lain. hidup harus dipertanggungjawabkan sendiri-sendiri.


ia sering menulis mimpi-mimpinya, pada selembar kertas. mimpi-mimpi yang perlahan, entah ia sadari atau tidak, terwujud satu per satu.



dan hari ini, ia kembali menulis mimpi...


tentang ia, tentang seseorang dan tentang dunia.....


091011




_Khalifa Rafa Azzahra_

Mengulang kembali tanggal dan bulan yang sama

Tidak ada komentar:

Posting Komentar